Cara Mudah Memasang JQuery di Website


Hai sobat pelajar, Pada Postingan Kali ini admin hanya akan menjelaskan bagaimana cara memasang Jquery pada situs/blog kamu. Jika kamu belum tau itu jquery bisa dilihat situsnya disini.


JQuery adalah micro library dari javascript yang ringan, mudah digunakan juga sangat membantu para developer. "Write less, do more" ya seperti itu lah jquery. Dengan menggunakan jquery kita bisa mempermudah dan mempersingkat waktu penulisan kode javascript yang bisa saja sangat panjang. contoh perbandingan javascript dan jquery untuk hal menambahkan class baru pada atribut seperti berikut ini:


Javascript

document.getElementById("element").classList.add("classbaru")

JQuery

$("#element").addClass("classbaru")

Dari contoh diatas bisa kita lihat perbedaanya sangat jelas jquery mempersingkat kode jadi lebih pendek. Ini akan memudahkan programer dalam mempersingkat waktu kerja.


Cara Memasang JQuery di Website

Untuk pemasangan Jquery sangat mudah sekali. Ada dua opsi yaitu dengan mendownload dan menyimpannya dalam folder website kamu, atau dengan menggunakan CDN Jquery langsung. cara menambahkan jquery dengan CDN di website cukup dengan copy paster kode berikut ini lalu simpan di antara tag <head> cukup taruh di sebelum tag penutupnya.


<script type="text/javascript" src="https://cdnjs.cloudflare.com/ajax/libs/jquery/1.9.1/jquery.min.js"></script>

Untuk mengetes apakah jquery berjalan dengan baik, coba buka website sobat lalu aktifkan mode developer. buka konsol dan ketikan kode seperti berikut ini:


$()

Jika hasilnya undefined, maka jquery gagal dipasang.


Untuk menggunakan Jquery sendiri alangkah baiknya menggunakan dalam tag <body> dan dimulai dengan $(document).ready() seperti contoh berikut ini:


// Usahakan untuk fungsi tulis kode diluar document ready
function myFunction(){
 // kode kamu ...
}
$(document).ready(function(){
 // Usahakan masukan kode yang memerlukan 1 exutable langsung atau yang sudah di define.
 // kode kamu ..
 myFunction()
})

Jquery pada saat ini ada pada versi yang mutakhir yakni versi 3.3.1, namun saya memilih versi 1.9.1 karena versi ini stabil untuk pengembangan website sekala kecil yang tidak membutuhkan banyak kode seperti Blogger.


Kekurangan Menggunakan Jquery

Menggunakan Jquery tentu saja ada kekurangannya dan juga dampak dari terlalu tergantung pada jquery seperti berikut ini:

  1. JQuery mempengaruhi speed untuk website kamu karena sejatinya ini sebuah library yang terdiri dari kumpulan javscript.
  2. Terlalu berlebihan memakai jquery tidak baik karena kamu akan ketergantungan menggunakan jquery ketimpang script javascript yang aslinya. Seperti menulis kode kecil saja harus menggunakan jquery. dan ini sangat tidak disarankan.
  3. Untuk Jquery versi lawas banyak peredaan dan fungsinya dihilangkan pada versi terbaru.
  4. Silahkan Nilai sendiri


Untuk referensi belajar saya sarankan mengguanak video tutorial ataupun website belajar seperti w3School


Sekian dulu dari saya, artikel ini akan update mungkin beberap hari kedepan guna pelengkapana. Bila ada salah kata atau kurang dipahami bisa tanyakan langsung di komentar. Terima kasih telah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel