Cara Submit URL Terbaru di Google Webmaster New Version

Cara Submit URL Terbaru di Google Webmaster New Version

Cara Submit URL google Terbaru di Webmaster - Memiliki artikel blog yang cepat terindex oleh Google adalah kesenangan tersendiri bagi kita seorang blogger. Karena dengan terindexnya postingan kita, kita akan bisa melihat seberapa jauh kualitas konten yang kita buat, apalagi kalau sampai Page One. Ya agar hal ini memungkinkan kita harus menerapkan salah satu teknik SEO yakni Submit Url kita ke Webmaster dalam hal ini Google Webmaster.

Pada bulan September 2018 Webmaster dari mbah Google ini mengalami banyak perubahan. Perubahan tersebut mulai dari Tampilan yang lebih bersih dan rapih, serta fitur-fiturnya yang lebil simpel di bandingkan yang versi sebelumnya. Namun dari perubahan ini, banyak fitur pada versi sebelumnya ada, kini menjadi hilang dan membuat para blogger pun kebingungaan. Salah satunya fitur pada menu Crawl > Fetch as Google yang biasa digunakan untuk mensubmit Url artikel blog kita.

Kebingungan ini terjadi setelah saya lalui dan temui di beberapa grup blogger dimana banyak orang yang menanyakan "Bagaimana cara submit google di webmaster yang baru?". Nah sebenarnya fitur Crawling Fetch as Google itu sudah tidak adalagi untuk webmaster sekarang. Lalu bagaimana? apa sekarang tidak bisa submit artikel ke google lagi? Sebelum ke situs mari kita lihat perubahan berikut:


Google Webmaster Lama
Cara Submit URL Terbaru di Google Webmaster New Version

Google Webmaster Terbaru
Cara Submit URL Terbaru di Google Webmaster New Version

Dari perubahan tampilan juga sangat signifikan, banyak menu yang hilang yang sebelumnya ada pada versi lama. Hal inilah yang membuat para blogger kebingungan. Namun kita tidak perlu khawatir akan tidak adanya fitur tersebut. Sebenarnya fitur dari google webmaster yang lama itu disederhanakan pada versi yang barunya salah satu fiturnya yang disederhanakan juga fetch as google. Fitur ini diganti menjadi URL Inspection. URL Inspection ini sebenarnya juga sangat berbeda dengan Fetch as Google, perbedaanya tepat pada bagaimana kita mensubmit url situs kita. pada Fetch as Google di Webmaster Lama, hasilnya seperti ini jika kita mensubmit url artikel kita:


Cara Submit URL Terbaru di Google Webmaster New Version

Namun pada Webmaster yang baru menggunakan URL Inspection, Akan terjadi kesalahan jika kita mensubmit url artikel kita.


Cara Submit URL Terbaru di Google Webmaster New VersionCara Submit URL Terbaru di Google Webmaster New Version

Sangat terlihat perbedaannyanya bukan? pada webmaster yang baru ini kita hanya bisa memasukan url site kita untuk di inspect. Berikut ini cara submit url ke google terbaru akan saya jelaskan tutorial berikut ini


Cara Terbaru Submit URL di Webmaster

Pertama, Sobat Buka dulu pastinya webmasternya. Lalu klik menu "URL Inspection" yang ada di menu samping. Setelah itu masukan Url situs sobat menggunakan kalo bisa menggunakan seperti gambar berikut.


Cara Submit URL Terbaru di Google Webmaster New Version

Hasil dari inspeksinya akan seperti berikut.


Cara Submit URL Terbaru di Google Webmaster New Version

Untuk melihat status crawling nya coba buka menu coverage dan lihat status Crawl > Page fetch. Jika successfull maka situs sobat sudah ada di index google.


Cara Submit URL Terbaru di Google Webmaster New Version

Akan tetapi url blog sobat statusnya unsuccessfull atau berubah urlnya karena perubahan domain, bisa dengan melakukan "REQUEST INDEXING" dan selesaikan beberapa tugas seperti chapta validator kalau ada.


Cara Submit URL Terbaru di Google Webmaster New Version

Tunggu sejenak menuggu webmaster bekerja. Dikatakan bisa memakan waktu sampai 2 menit. Tunggu sampai muncul popup seperti di bawah ini.


Cara Submit URL Terbaru di Google Webmaster New Version

Pada modal box konfirmasi diatas di jelaskan bahwa "Melakukan Submiting secara Multiple time / Berulang-ulang tidak akan merubah posisi dan prioritas" maksud posisi disini adalah posisi situs sobat di pencarian google. Jadi walaupun sobat melakukan submit berulang dengan embel-embel cepet ke terindex dan page one adalah hal yang sia-sia, tetap konten nomor 1. tools ini sebenarnya hanya membantu untuk pengindekan saja bukan untuk mencapai halaman pertama.


Peringatan tentang melakukan index data secara berulang juga di ingatkan pada menu "About new Version" di menu samping (coba cari tau sendiri). Peringatan ini seperti ini.


"Don't submit the same data twice - Data and requests are shared between old and new Search Console, no need to submit them in both. For example, if you submitted a reconsideration request or a sitemap in old Search Console, you don't need to submit it again in the new Search Console."

Nah udah paham kan ? Begitulah cara terbaru mensubmit url kita. Jadi walaupun kita bisa submit url kita sekarang namun pada webmaster yang baru ini tidak disarankan melakukan submit berulang-ulang seperti sebelumnya kita lakukan pada Webmaster sebelumnya. Untuk lebih jelasnya bisa baca di menu About new version di google webmaster terbaru.


Seperti itulah tutorial cara submit url di webmaster yang baru. Walaupun begitu, sobat masih bisa menggunakan webmaster yang lama untuk fetch as Google karena masih bisa di gunakan. Namun saya ingatkan lagi, ini hanya untuk membantu artikel sobat terindex dengan cepat bukan untuk posisi teratas di pencarian google. Demikian artikel ini saya akhiri, nantikan tips dan trik seputar Blog dan membuat artikel yang SEO tentunya. Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar di bawah artikel ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel