Membuat Postingan Blog yang Baik dan Benar

Banyak sekali yang memiliki blog yang hanya sekedar menulis-menulis tanpa memperhatikan kaidah dan tata cara penulisan yang benar. Bukan hanya asal tulis banyak juga orang-orang yang hanya copas atau pun rewrite artikel begitu saja. Namun kali ini saya tidak akan membahas masalah kopas mengkopas. Kali ini di codepelajar akan membahas bagaimana cara menulis sebuah postingan di blogger yang baik dan benar.
Membuat Postingan Blog yang Baik dan Benar
Ya benar platform blogger ini memang menjadi pilihan banyak orang yang menginginkan membuat situs blog gratisan. Selain gratis blogger juga dilengkapi beberapa tools yang lengkap ditambah tema bawaan yang keren. Jika sobat tidak suka tampilan tema nya sobat juga bisa mengganti dengan template yang berasal dari luar blogger.
Dalam hal untuk memposting artikel, blogger juga di lengkapi post editor untuk mengedit entri post. Banyak pemilik blog yang mengabaikan hal dalam pengetikan postingan di blogger. Mereka cenderung asal tulis dan pake saja, mengandalkan editor yang ada. Padahal saat ini banyak sekali yang membeberkan bagaimana membuat postingan yang baik dan benar di blog supaya artikel yang kita sajikan pun tersusun dengan rapih. Salah satunya artikel yang saya tulis sekarang ini. Artikel yang saya tulis sekarang sudah saya susun sedemikian rupa agar terlihat menarik juga nyaman untuk dibaca, ngomongin menarik nih, saya ada rekomendasi Laptop yang cocok untuk sobat untuk memenuhi hasrat blogging setiap hari bisa sobat lihat pada tautan berikut ini : Ngeblog makin kece dengan Laptop yang cocok buat bikin konten yang menarik
Pada kali ini saya akan memberikan tips membuat postingan yang baik dan benar. Simak baik-baik supaya bermanfaat buat sobat.


Membuat Postingan yang Baik dan Benar

Tulis di Editor untuk Koding

Situs blog pada dasarnya adalah kumpulan dari kode-kode website HTML. Dalam sebuah postingan juga terdapat tulisan tebal (bold), tulisan miring (italic), Judul (heading), dan lain sebagainya. Walaupun dalam tampilan hanya terlihat tebal dan miring, namun di dalamnya terdapat kode atau tag-tag HTML sebagai penyusunnya. Jika sobat terbiasa dengan pemograman web atau hanya sekedar koding HTML saja untuk artikel, maka mulailah menulis artikel juga di code editor sobat.
Dengan menulis di code editor seperti Notepad++ ataupun sublime, selain kita bisa lebih leluasa, kita juga bisa mencoba menerakan beberapa dasar penulisan artikel dengan menggunakan tag-tag HTML seperti tag P ataupun UL juga tag heading dari H1 sampai H6. Secara peralahan pun pemahaman dasar tentang penulisan kode website pun akan perlahan bertambah sekaligus meningkatkan skill mengetik dan memahami fungsi tagnya

Mengredit Tag gambar sendiri

Platform blogger menyediakan menu insert untuk menyisipkan media salah satunya foto atau gambar. Secara default blogger akan otomatis menyisipkan gambar ke artikel kita saat kita mengklik gambar. Namun kadang blogger pun menyertakan tag link A untuk preview gambar tersebut dan ini kerap menggangu ataupun merusak styling template bawaan. Maka dari itu alangkah lebih baiknya kita mengedit langsung via Mode HTML di blogger untuk menghapus kode-kode yang tidak perlu ini.

Berikan 2 Enter Setelah gambar dan 1 Enter setelah paragraf

Ada yang tidak mengerti maksudnya? Jika sobat menyisipkan gambar di postingan sobat maka gambar tersebut hanya akan tampil tanpa memperhatikan hurup yang ada sekitarnya sehingga tidak memberikan jarak antara gambar dan tulisan. Ini membuat artikel bergambar yang sobat buat tidak menarik dan kurang rapih, maka dari itu saran saya beri 2 enter setelah sobat menyipkan gambar untuk memberi jarak antar gambar dan tulisan
Begitupun dengan paragraf, setiap paragraf biasanya berdekatan tanpa ada margin pemisah sehingga diharuskan kita memberinya 1 enter supaya tulisan artikel kita rapih dan juga tertata dengan baik.

Berikan tanda penjelas pada kalimat atau kata kunci/penting

Banyak yang mengabaikan hal ini, para penulis biasanya hanya membuat tulisan saja dan jarang memanfaatkan tools pembantu seperti bold dan italic. Sehingga saat di pratinjau dan posting, akan terlihat membosankan bagi pembaca seperti saya.

Jangan menulis paragraf pembukan dan penutup yang bertel-tele

Banyak sekali blog yang menulis paragraf pertamanya bertele-tele, tidak to the point dan cenderung mirip ke cerita. Memang sih pembuka itu penting namun jika berlebihan akan membuat pengunjungpun malas membacanya.
Itulah beberapa tips menulis postingan yang baik dan benar versi saya sendiri. Setiap orang memiliki caranya masing-masing. Namun pilihlah cara termudah dari semua cara termudah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel