DEFINISI DAN TUJUAN EDITING

DEFINISI DAN TUJUAN EDITING

Membicarakan Soal Editing,bukan hanya permasalah untuk menjadi lebih baik dengan memperbaiki atau merubahnya. Terkadang apa yang harus kita perbarui kualitas dengan editing, dengan menambah atau mengurangi aspek aspek dalam suatu video atau produk.

Sebelum mengedit kita harus mengenal dengan Definisi Editing dan dasar dasar atau pengertian dalam sebuah Editing.

Editing adalah proses menggerakan dan menata video shot/hasil rekaman gambar menjadi suatu rekaman gambar yang baru dan enak untuk dilihat.

Istilah editing telah dikenal luas dan banyak orang memberi pemahaman sendiri. Namun dalam pelajaran ini kita sepakat editing berkaiatan dengan kerja-kerja dibawah ini:

  1. Menata, menambahkan atau memindahkan klip video atau klip audio.
  2. Menerapkan colour correction, filter dan peningkatan yang lain.
  3. Membuat transisi antara klip.

Tujuan Editing

Semua pekerjaan mempunyai tujuan, seperti halnya dalam sebuah editing. Editing mempunyai tujuan seperti hal hal berikut ini.

  1. Memindahkan klip video yang tak dikehendaki.
  2. Memilih gambar dan klip yang terbaik.
  3. Menciptakan arus.
  4. Menambahkan efek, grafik, musik dll.
  5. Mengubah gaya dan suasana hati dan langkah dari gambar.
  6. Memberikan sudut yang menarik bagi hasil rekaman.

Setelah pemahaman kita tentang editing kita harus memahami beberapa istilah istilah agar kita lebih mengerti apa itu Editing. Sebagai berikut ialah istilah dalam sebuah editing.

  1. Capture device : adalah alat atau perangkat keras yang mengubah atau mengkonversi video analog ke video digital
  2. Compressors and codec : adalah perangkat lunak atau program yang memadatkan atau menghilangkan. compress atau pemadatan untuk membuat ukuran video menjadi lebih kecil
  3. Editing : proses mengubah dan memanipulasi serta mengumpulkan klip video, audio track, grafik dan material lain menjadi suatu paket tayangan yang menarik dan baik. Editing juga membuat transisi antar klip. Editing menjadi bagian dari proses post production atau pasca produksi.
  4. Edit decision list (edl) : daftar keputusan mengenai hal-hal yang dimasukan atau dikeluarkan dalam proses editing.
  5. Encoding adalah proses mengubah klip video dalam format tertentu. misalnya format 3gp menjadi format avi, wmv, mpeg, dat.
  6. Linear editing : juga dikenal sebagai tape to tape editing. adalah suatu metode editingyang mengubah video klip dari tape satu ke tape yang lain sesuai hasil yang diharapkan.
  7. Non linear editing adalah suatu metode editing yang menggunakan perangkat lunakkomputer untuk mengubah klip video.
  8. Transisi adalah jalan atau cara mengubah/memadukan satu shot ke shot berikutnya
  9. Post production adalah segala sesuatu yang terjadi pada klip video atau audio setelah produksi atau setelah klip video atau audio direkam atau dishooting. Post production atau pasca produksi meliputi pekerjaan mengedit video dan audio, memberikan judul, membuat grafik dan efekserta menyesuaikan atau mengoreksi warna.

Baiklah itu kilasan singkat dan dasar kita untuk mengerti definisi editing, yang lebih terpenting ialah terus memulai dan melakukannya setelah itu mencari lebih banyak referensi editing bisa melalui google ataupun youtube. Kemudian bisa kita ATM(Amati Dan Modifikasi) sehingga kita bisa menciptakan sendiri suatu karya dari diri kita .

Terima kasih, kunjungi terus blog kami agar bisa terus update berbagai persoalan editing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel